Cara Membuat Blog di WordPress Tanpa Internet

Membuat Blog di WordPress Tanpa Internet

Jika kamu tidak memiliki akses internet, bagaimana cara membuat blog di wordpress? Tenang saja! Kamu bisa install WordPress di laptop langsung asalkan sudah terinstall LAMP atau XAMPP. Untuk membuat blog di WordPress bisa lakukan hal berikut ini,

1. Download File WordPress

Silakan download file wordpress di https://wordpress.org/download/. Setelah itu lakukan unzip.

2. Persiapkan Database

Pastikan kamu sudah menyediakan web server, php, mysql di komputer kamu. Bagi pengguna Windows, kamu bisa gunakan XAMPP. Jika sudah, silakan buat database terlebih dahulu. Harap dicatat nama database, username dan password ya.

3. Install WordPress di Web Server

Sekarang saatnya kamu taruh folder WordPress yang telah dilakukan unzip tadi. Kamu bisa menggunakan XAMPP atau LAMPP. Pastikan kamu telah mengaktifkan Apache serta MySQL nya. Jika menggunakan XAMPP, silakan letakkan di folder C:\xampp\htdocs.

4. Akses WordPress

Sekarang silakan buka web browser kemudian akses http://localhost/nama_folder_wordpress. Jika kamu tetap menggunakan folder default, maka alamatnya http://localhost/wordpress. Apabila berhasil, silakan klik Create a Configuration File. Kemudian klik Let’s go! Jika sudah, silakan tulis nama database, username serta password. Untuk database host silakan isi dengan localhost. Kemudian klik Submit. Jangan lupa klik Run the install.

5. Lakukan Pengelolaan WordPress

Apabila pengaturan database sudah dimasukkan, sekarang saatnya tentukan nama website, username wordpress serta password wordpress. Jangan lupa tuliskan email aktif ya. Jika sudah diisi semua, silakan klik Install WordPress. Yeay! Cara membuat wordpres di localhost sudah selesai. Silakan login sesuai dengan username dan password wordpress.

Semoga Bermanfaat

Writer : Sisilia

"Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia."- Nelson Mandela.