CARA MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH

7 CARA MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH

Musim hujan terbilang identik dengan musim penyakit flu. Cuaca dan suhu udara yang naik turun, menjadi penyebab penyakit seperti pilek dan demam mudah menular ke orang-orang di sekitar kita.

Jika Anda ingin menghindari flu yang kerap menghampiri, maka solusinya bukanlah menyiapkan sekotak tisu. Mengasup obat pencegah deman di saat gejala flu mulai terasa dan juga mencuci tangan lebih sering juga dapat menjadi cara untuk menangkal flu.

Namun, di antara itu sebenarnya masih banyak cara untuk meningkatkan imun tubuh kita. Bukan dengan obat-obatan, namun dengan menggalakkan kebiasaan hidup sehat.

Berikut ada tujuh cara alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh :

1. Tidur dengan benar.

Menyaksikan serial televisi favorit pada jam lewat tengah malam memang sangat menarik dilakukan sepulang kerja. Namun ternyata, para periset telah menemukan bahwa terjaga sepanjang malam dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Nantinya, mereka yang tidak memberikan tubuhnya waktu istirahat yang layak akan mudah diserang virus. Jika hal itu terus menerus dilakukan, maka kekebalan tubuh pun semakin lemah dan tak mampu melawan virus.

2. Konsumsi bawang putih.

Mengunyah bawang putih mungkin menjadi hal yang enggan Anda lakukan, mengingat efek aroma yang dikeluarkan setelahnya. Namun, mengonsumsi bawang putih dengan rutin dapat memberikan keuntungan yang besar untuk kesehatan. Tidak hanya meningkatkan sistem imun tubuh, menurut Pusat Kedokteran Universitas Maryland, bawang putih juga dapat mencegah penyakit jantung.

3. Minum campuran lemon, jahe, madu dan kunyit dengan air hangat.

Banyak orang meyakini campuran tersebut sebagai ramuan mujarab penyakit demam. Dalam sebuah jurnal berjudul Evidence-Based Complementary yang diterbitkan pada 2012, dijelaskan bahwa jahe memiliki kandungan antioksidan sangat kuat yang bisa digunakan untuk masalah pencernaan.

Jeruk lemon sendiri menurut Mayo Clinic dapat digunakan untuk antioksidan dan mencegah demam. Terakhir, kandungan curcumin di dalam kunyit dapat mengatur daya tahan tubuh.

4. Konsumsi sup ayam.

Kandungan sup ayam memiliki efek anti peradangan. Hal itu, menurut Pusat Kedokteran Universitas Nebraska, dihasilkan dari sayur dan daging ayam. Kandungan sayur dan daging di dalam sup ayam dipastikan dapat memperlambat migrasi darah putih ke saluran pernapasan atas, yang dapat menghilangkan gejala demam.

5. Jadikan olah raga sebagai kegiatan mingguan

Anda tidak perlu menghabiskan waktu lama dengan mengikuti latihan lengkap di pusat kebugaran untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berlatih yoga juga dapat membuat sistem imun Anda stabil.

6. Sempatkan waktu untuk menikmati teh.

Menikmati teh di pagi hari atau sebelum tidur mampu menenangkan tubuh. Hal terbaik tentang teh seperti teh mint adalah dapat membantu pencernaan dan kembung. Sementara itu, untuk teh hitam, hijau dan oolong dipastikan memiliki antioksidan tinggi dan mampu mencegah kanker.

Categories
Archives

"Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia."- Nelson Mandela.

Trusted by the best

4. Konsumsi sup ayam.