VIHARA DI JAKARTA

3 VIHARA DI JAKARTA YANG UNIK

Bagi umat Buddha, ternyata vihara tidak hanya berfungsi sebagai tempat beribadah semata tetapi juga sebagai lembaga pembelajaran agama yang terorganisasi. Struktur bangunan maupun desain arsitekturnya pun kini semakin beragam. Nah, berbicara mengenai desain arsitektur, berikut ini adalah 5 vihara di Jakarta dengan desain arsitektur yang unik.

1. Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya

Vihara Dhammacakka Jaya

Vihara Jakarta Dhammacakka Jayaberada di Jalan Agung Permai XV Blok C, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Luas tempat ibadah ini mencapai 8.640 meter persegi. Tempat beribadah umat Buddha ini dibangun tahun 1982, di dalam satu area di Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya terdapat beberapa bangunan dengan berbagai fungsi. Contohnya seperti Uposatha, Kuti Bhikkhu dan Dhammasala.

Khusus untuk bangunan pemujaan atau Uposatha, dibuat cukup unik, berbeda dengan konsep bangunan vihara di Thailand, bangunan Uposatha Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya ini dibuat perpaduan antara Eropa dan Asia, ciri khas bangunan Eropa terlihat dari pilar-pilar tiang tinggi dan bentuk atap, sementara ciri khas Asia dapat dilihat dari banyaknya ukiran yang berada di sekitar dinding.

2. Vihara Buddha Sasana

Vihara Buddha Sasana

Vihara ini berada di Jalan Kelapa Nias X Blok PE2 No. 17, Jakarta Utara. Bangunan ruang Dhammasala di vihara ini dibuat cukup unik, lihat saja atapnya berbentuk Joglo seperti rumah adat Jawa, dibagian plafon yang paling tinggi dari atap gedung Dhammasala ini dipasang ukiran Dhammacakka yang terbuat dari kayu jati berukuran 2×2 meter persegi. Dan tepat di bawah ukiran ini terpasang lampu gantung berbentuk Replika Sembilan Naga Pandita yang bersayap melambangkan Ibu Pertiwi (menurut kepercayaan Jawa Kuno).

Ukuran ruang Dhammasala ini seluas 24×24 meter persegi, dengan tinggi dinding 5 meter dan tiggi atap 17 meter. Dinding kiri, kanan, dan depan Dhammasala dilengkapi dengan pintu lipat yang dapat dibuka, sehingga apabila jumlah umat peserta kebaktian melebihi kapasitas ruang Dhammasala, pintu lipat dapat dibuka untuk menampung mereka di selasar seputar Dhammasala

3. Vihara Amurva Bhumi

Vihara Amurva Bhumi

Vihara Amurva Bhumi Jakarta, atau Kelenteng Hok Tek Tjeng Sin, adalah wihara dan kelenteng yang terletak di Jl. Prof.Dr.Satrio No.2 (lebih dikenal sebagai Jl. Casablanca), Setiabudi, Jakarta Selatan.

Itulah beberapa Tempat ibadah Vihara di Jakarta yang ramai pengunjung. Semoga Bermanfaat untuk teman teman.

 

Categories
Archives
5/5

"Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia."- Nelson Mandela.