Meningkatkan stamina tubuh

4 CARA MENINGKATKAN STAMINA TUBUH

1. Berolahraga

Berolahraga memang membuat tubuh terasa lelah, tapi olahraga secara rutin memberikan efek jangka panjang berupa bertambahnya stamina.

Olahraga rutin selama enam minggu bahkan dapat meningkatkan level energi, kualitas tidur, dan fungsi otak.

2. Menambah intensitas olahraga dan mengurangi jeda istirahat

Untuk membangun ketahanan otot dan stamina, batasi jeda istirahat saat olahraga selama 30-90 detik. Tingkatkan intensitas pemanasan dan olahraga agar tubuh Anda semakin terbiasa menggunakan energi.

3. Melakukan meditasi dan yoga

Meditasi dan yoga tidak hanya membuat Anda rileks, tapi juga merupakan salah satu cara meningkatkan stamina. Jika dilakukan secara rutin, kedua aktivitas ini dapat meningkatkan ketahanan tubuh serta mengurangi stres dan lelah.

4. Mengkonsumsi kafein

Cara lain yang terbukti dapat meningkatkan stamina adalah mengonsumsi kafein. Kafein memang dapat memengaruhi performa fisik Anda dengan meningkatkan fungsi peredaran darah, sistem hormon, aktivitas otot, suhu tubuh, hingga pembakaran lemak.

Namun, ingatlah untuk membatasi asupan harian Anda. Batas aman asupan kafein adalah 400 miligram per hari atau setara dengan 4 cangkir kopi.

Hindari sumber kafein tinggi gula seperti soda, kopi dengan krim, dan minuman berenergi.

Stamina yang tinggi akan membuat Anda tetap fokus dan berenergi saat menjalani aktivitas sehari-hari. Tubuh Anda pun tidak mudah lelah karena telah terbiasa menggunakan energi secara efisien.

Archives