Mengapa Pendidikan itu penting?

“Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia.”- Nelson Mandela

A. Pengertian Pendidikan

  • Pengertian pendidikan dalam arti luas, pendidikan adalah segala pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Pendidikan adalah segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan hidup, pendidikan dalam arti luas ini artinya segala kegiatan ataupun pengalaman dalam kehidupan kita sehari-hari yang mampu memberikan pengaruh, perubahan, dam pertumbuhan bagi kehidupan kita. Pendidikan seperti berupa kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari misalnya membuat lemari baju yang pada awalnya kita tidak bisa membuatnya tapi dengan pengalaman kerja keras kita ingin membuat lemari baju ini dengan terus-menerus sehingga membuat kita bisa. Masa pendidikan ini berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan dalam setiap saat selama ada pengaruh lingkungan, baik pengaruh positif maupun pengaruh negative.
  • Pengertian pendidikan dalam arti sempit, pendidikan adalah sekolah bentuk pendidikan ini merupakan pengajaran yang diselenggarakan di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Pendidikan adalah segala pengaruh yang diupayakan sekolah terhadap anak dan remaja yang diserahkan kepadanya agar mempunyai kemampuan yang sempurna dan kesadaran penuh terhadap hubungan-hubungan dan tugas-tugas sosial mereka. Masa pendidikannya hanya proses pembelajaran yang berlangsung dalam waktu terbatas , yaitu masa anak dan remaja, pendidikan ini dilakukan pada saat masa kita sekolah ataupun kita kuliah sehingga waktu hanya sebatas kita bersekolah itu saja berbeda dengan sekolah dalam arti luas seperti diatas yang dilkukan selama atau seumur hidup kita.

B. Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan bangsa.

C. Fungsi Pendidikan

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beeriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Fungsi pendidikan ini merupakan dasar pertama bagi manusia untuk menjadi manusia yang seutuhnya supaya bisa berguna bagi bangsa dan Negara, meminjam perkataanya Paulo freire pendidikan untuk memanusiakan manusia, karena manusia pada lahir belum tau apa-apa, dengan adanya pendidikan ini sehingga menjadi tau.

D. Manfaat Pendidikan

Sesuai dengan pengertian, fungsi, dan tujuannya, pendidikan sangatlah bermanfaat bagi kehidupan masyarakat agar menjadi manusia yang seutuhnya, karena sejatinya pendidikan sebagai alat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan Negara, maju mundurnya suatu bangsa tergantung maju mundurnya pendidikan itu sendiri.Pendidikan adalah salah satu aspek yang sangat penting dan strategis bagi kehidupan manusia. Sebagai sesuatu yang khas dan spesifik bagi manusia, pendidikan sangat berperan amat signifikan dalam membekali manusia untuk menyongsong masa depan yang akan dijalanin, yang diwarnai tantangan dan perubahan. Sudah sejak awal para pendiri Negara kita menyadari benar pentingnya pendidikan dalam kehidupan bangsa Indonesia. Dalam konteks itu pembukaan UUD Negara RI 1945 memberi visi tentang arah kehidupan bangsa dan Negara ke depan, membentuk suatu pemerintah Negara  Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia  yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.Makna mencerdaskan kehidupan bangsa pada hakikatnya adalah hasrat untuk membangun peradaban Negara dan bangsa yang benar-benar maju, modern, dan tangguh di kancah pertarungan global melalui pendidikan itu sendiri. Karena pendidikanlah yang mampu membawa suatu bangsa dan Negara ke pintu gerbang kemajuan, maka dari itu pendidikan sangatlah bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dalam menyongsong peradaban ini. Pemerintah sangat berperan aktif untuk memeberikan pendidikan yang merata kepada seluruh anak bangsa agar semua masyarakat Indonesia menikmati pendidikan secara keseluruhan, tanpa adanya pendidikan yang merata bagi masyarakat maka akan sulit bagi bangsa dan Negara untuk menjadi maju, Karena tongkat utama kemajauan suatu bangsa dan Negara adalah pendidikan dan masyarakat itu sendiri. Dengan adanya pendidikan yang merata maka banyak pula masyarakat yang cerdas dan berpengetahuan tinggi dalam membantu kemajauan Negara dan membawa ke pertarungan global.

E. Macam-macam Pendidikan

1. Pendidikan Formal

Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri dari tiga kelompok yaitu pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.

2. Pendidikan Non Formal

Pendidikan Non Formal adalah pendidikan yang dilaksanakan diluar pendidikan formal. Pendidikan Non Formal ini berfungsi sebagai pengganti, penambah dan pelengkap pendidikan formal.

3. Pendidikan Informal

Pendidikan Informal adalah jalur pendidikan di keluarga dan linggkungan.

F. Macam – macam Jenjang Pendidikan

1. Pendidikan Dasar

Pendidikan dasar adalah jenjang pendidikan formal paling bawahyang melandasi jenjang pendidikan menengah, misalnya adalah SD (Sekolah Dasar).

2. Pendidikan Menengah

Pendidikan menengah adalah pendidikan lanjutan dari pendidikan dasar. Bentuk pendidikan menengah ini adalah menengah umum dan menengah kejuruan. Contohnya SMU (Sekolah Menengah Umum), SMK (Sekolah Menegah Kejuruan), MA (Madrasah Aliyah).

3. Pendidikan Tinggi

Pendidikan tinggi adalah lanjutan dari pendidikan menengah. Contoh pendidikan tinggi adalah pendidikan Diploma, Sarjana, Magister, Doktor.

December 2019
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031